Indonesia Juara Umum Olimpiade Geografi Internasional 2019

Indonesia Juara Umum Olimpiade Geografi Internasional 2019
Para pelajar Indonesia yang menjuarai olimpiade geografi 2019. Foto: Humas Kemendikbud

jpnn.com, JAKARTA - Siswa Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini diraih pada ajang bergengsi Olimpiade Geografi tingkat Internasional ke-16 atau IGeO 2019, yang berlangsung pada 30 Juli sampai 5 Agustus 2019, di Hong Kong.

Dengan raihan dua medali emas dan dua perak, Indonesia dinobatkan sebagai juara umum pada IGeO 2019, yang diikuti 176 peserta dari 44 negara.

Keempat medali tersebut, dua medali emas diraih oleh Fernando, siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Sutomo 1 Medan, dan Fayola siswa SMA Methodist 3 Medan. Sedangkan dua medali perak diraih oleh Hadyan F. Anshori siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendikia Gorontalo dan Agista Kumala Dewi siswa SMA Semesta BBS Semarang.

Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Peserta Didik, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Ditjen PSMA), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Juandanilsyah mengatakan, ini kali pertama Indonesia menjadi juara umum pada ajang Olimpiade Geografi Internasional.

"Prestasi anak-anak ini luar biasa bisa bersaing dengan negara hebat lainnya," ungkap Juandanilsyah di Jakarta, Rabu (6/8).

Sebagai bentuk apresiasi pemerintah, Juandanilsyah mengatakan, Kemendikbud akan memberi penghargaan berupa beasiswa pendidikan hingga ke perguruan tinggi kepada para peraih medali. "Tentunya kepada mereka tetap diberikan beasiswa.  Suport dari kami, program bantuan kepada adik-adik ini, ada sesuatu yang bisa kita berikan untuk melanjutkan ke perguruan tinggi", ujarnya.

Salah satu peraih medali emas, Feyola merasa terkejut dirinya bisa mempersembahkan medali emas untuk Indonesia. "Sebenarnya saya cukup terkejut bisa mendapat medali, karena pada saat mengerjakan soal sebetulnya kurang menguasai juga, tapi puji Tuhan bisa menorehkan prestasi untuk Indonesia," ujar siswi yang baru menyelesaikan pendidikannya di SMA.

Menceritakan pengalamannya saat berkompetisi, Feyola menambahkan, negara-negara lain sangat kompetitif dan banyak negara hebat lainnya yang juga bersaing pada ajang olimpiade ini. "Saingan paling berat itu Amerika Serikat dan untuk Asia, ada Thailand," ujarnya.

Siswa Indonesia kembali menorehkan prestasi di kancah internasional. Kali ini diraih pada ajang bergengsi Olimpiade Geografi tingkat Internasional ke-16 atau IGeO 2019

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News