JPNN.com

Indonesia Kaya SDA dan SDM, Fadel Muhammad Yakin Industri Daerah Bisa Go Internasional

Rabu, 03 Maret 2021 – 15:32 WIB
Indonesia Kaya SDA dan SDM, Fadel Muhammad Yakin Industri Daerah Bisa Go Internasional - JPNN.com
Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad melakukan kunjungan kerja Harvest Gorontalo Indonesia (HGI), Selasa (2/3). Fadel meyakini HGI, dan industri daerah lainnya, bisa go internasional. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, GORONTALO - Wakil Ketua MPR RI Fadel Muhammad mendorong industri daerah terus meningkatkan kuantitas dan kualitas produknya dan segera go internasional.

Fadel Muhammad menegaskan bahwa hal itu sangat mungkin tercapai karena Indonesia merupakan negara yang sangat kaya sumber daya alam serta sumber daya manusia sehingga tinggal memaksimalkan kerja keras dan kreativitas.

Fadel mencontohkan satu industri di Gorontalo yang memiliki peluang besar mendunia yakni Harvest Gorontalo Indonesia (HGI).

Pimpinan MPR dari Kelompok DPD itu menambahkan industri ini memproduksi herbal kesehatan Sozo Formula Manggata (SoMan) 1 dan 2.

"Herbal kesehatan ini sudah teruji kualitasnya oleh BPOM dan teruji kehalalannya oleh MUI, bahkan telah melakukan MoU dengan importir 6 negara termasuk China, Hong Kong, serta mulai masuk pasar Amerika Serikat," katanya saat kunjungan kerjan ke pabrik HGI, di Desa Pilohayanga, Kecamatan Telaga, Kabupaten Gorontalo, Selasa (2/3).

Turut hadir Presiden Direktur Riyanto, Direktur Mohamad Yamin Lahay, GM Operasional Pabrik Zulfitri Makoto, dan GM Operasional Mutu Yustin Ariani.

Namun, mantan gubernur Gorontalo yang menjabat dua periode ini mengingatkan bahwa memang mengelola industri itu tidak mudah. Perlu kesabaran, ketekunan, terus menggali keahlian. Paling penting, selalu menjaga kekompakan di internal.

"HGI pun begitu. Pada masa awal merintis penuh perjuangan dari pabrik kecil sampai menjadi besar. Kegigihan HGI yang luar biasa ini, bisa menjadi contoh industri lain," ungkap Fadel.

Ia menceritakan industri memang menjadi salah satu perhatiannya saat menjabat gubernur Gorontalo.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...