Indonesia Kirimkan Paket Bantuan ke Vanuatu, Menko PMK: Semangat Kemanusiaan

Indonesia Kirimkan Paket Bantuan ke Vanuatu, Menko PMK: Semangat Kemanusiaan
Menko PMK Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelepasan bantuan untuk negara Vanuatu, Senin (8/5). Foto: Dok Kemenko PMK

jpnn.com, JAKARTA - Masifnya bencana siklon Judy dan Kevin ini mendorong Pemerintah Vanuatu menetapkan keadaan darurat dan meminta bantuan luar negeri, termasuk Indonesia.

Oleh karena itu, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelepasan paket bantuan untuk negara Vanuatu di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Senin (8/5).

Diketahui bencana yang terjadi pada awal Maret 2023 lalu tersebut menyebabkan kerusakan infrastruktur, pencemaran sumber air, hingga kerusakan koneksi telepon dan internet.

Hal itu disampaikan Muhadjir didampingi Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dan Ketua Komisi 8 DPR RI Ashabul Kahfi saat melepas bantuan.

“Didasari oleh semangat kemanusiaan, gotong royong, dan hubungan persahabatan dengan Vanuatu, Pemerintah Indonesia berinisiatif memberikan bantuan inkind untuk mendukung Vanuatu dalam masa yang berat ini dan rencana perbaikan ruangan VIP Bandara Port Vila, Vanuatu,” ujar Muhadjir.

Adapun bantuan yang dikirimkan berupa paket inkind yang terdiri dari tenda pengungsi, tenda keluarga, generator, velbed, hygiene kits, sweater anak, jaket anak, jaket dewasa, perkakas tukang, rendang, paket sembako, lampu solar, dan gegaji mesin. Selain itu, Muhadjir juga menyampaikan Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan perbaikan ruangan untuk VIP Bandara Port Vila yang ada di Vanuatu.

“Pengiriman bantuan ini menindaklanjuti arahan dari Bapak Presiden untuk melaksanakan pengiriman bantuan kemanusiaan dan sebagai bentuk diplomasi kemanusiaan dengan Vanuatu, kami laporkan bantuan kemanusiaan, yakni bantuan inkind tersebut senilai Rp. 7 miliar lebih,” tutur Muhadjir.

Terkonfirmasi, pengiriman bantuan tersebut bersamaan dengan pemberangkatan tim delegasi dari Pemerintah Indonesia yang terdiri dari perwakilan Kemenko PMK, Komisi VIII DPR RI, BNPB, Kementerian Luar Negeri, Badan Intelijen Negara, KemenPUPR, serta PT. PP (Persero).

Menko PMK Muhadjir Effendy mewakili Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin pelepasan bantuan untuk negara Vanuatu, Senin (8/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News