Menko PMK Dengarkan Curhat Budayawan, Pegiat Industri Kreatif dan Akademisi Bali

Menko PMK Dengarkan Curhat Budayawan, Pegiat Industri Kreatif dan Akademisi Bali
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan dialog bersama dengan pegiat pariwisata, pegiat industri kreatif, dan akademisi kebudayaan, di Kenja Restaurant Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (6/5). Foto: dok Kementerian PMK

jpnn.com, BADUNG - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan dialog bersama dengan pegiat pariwisata, pegiat industri kreatif, dan akademisi kebudayaan, di Kenja Restaurant Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (6/5).

Kegiatan dialog merupakan permulaan dari rangkaian Pertemuan Dewan Menteri Pilar Sosial Budaya ASEAN ke-29/ The 29th ASEAN Socio-Cultural Community (ASCC) Council Meeting, yang diselenggarakan, di Nusa Dua, Bali, pada 7-8 Mei 2023.

Muhadjir menyatakan, ekosistem industri kreatif dan pariwisata di Bali sudah sangat baik. Menurutnya, dengan tetap mempertahankan kearifan lokal dan budaya khas, geliat industri kreatif dan pariwisata Bali tetap menarik perhatian bagi turis lokal dan mancanegara.

"Industri kreatif dan pariwisata di Bali ini sangat bagus para pelaku sudah cerdas sekali," ujarnya.

Namun, beberapa aspek masih menjadi perhatian. Dari aspirasi dari para pegiat pariwisata, industri kreatif dari Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (Gekrafs) DPW Bali dan para akademisi budaya dari Universitas Udayana Bali, didapatkan bahwa perkembangan industri kreatif Bali mulai terjadi pergeseran orientasi.

Salah satunya, kerajinan tangan yang sebelumnya menjadi andalan mulai tersisih.

Kemudian juga, dari sektor pariwisata yang belum terdistribusi merata ke seluruh wilayah Bali dan belum dirasakan manfaatnya oleh seluruh daerah.

Menurut Muhadjir, isu-isu tersebut akan menjadi perhatian dan akan diupayakan solusinya supaya denyut industri kreatif dan pariwisata Bali tetap berjalan lancar.

Menko PMK) Muhadjir Effendy melakukan dialog bersama dengan pegiat pariwisata, pegiat industri kreatif, dan akademisi kebudayaan, di Kenja Restaurant Nusa Dua

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News