Indonesia Masih Terancam Penyakit Menular

Tujuh Provinsi Rentan Penyakit Dampak Perubahan Iklim

Indonesia Masih Terancam Penyakit Menular
Indonesia Masih Terancam Penyakit Menular
JAKARTA - Penyakit menular dan tidak menular tertentu masih merupakan ancaman di Indonesia. Jenis penyakit itu antara lain infeksi (TB, DBD, Diare, Antrax), penyakit kronis (jantung dan kanker), serta penyakit yang masuk kategori new emerging (SARS dan H1N1) dan re-emerging (polio).

"Penyakit tersebut dapat menyebabkan kesakitan dan kematian. Bahkan, secara tidak langsung juga akan mempengaruhi pertumbuhan ekonomi negara," kata Direktur Jenderal Pengedalian dan Penyehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan, Wilfried H Purba di Gedung Kemenkes, Jakarta, Jumat (21/9) sore.

Wilfried menjelaskan, beberapa penyakit penyakit tersebut dapat menular melalui udara, air bersih dan sanitasi. Untuk penularan lewat udara luar ruang, setidaknya telah menyerang 12 propinsi dan beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya.

"Sedangkan untuk pencemaran lingkungan khususnya udara indoor bisa menularkan penyakit akibat kayu bakar dan briket (arang/batu bara) yang digunakan untuk kebutuhan rumah tangga," sebutnya.

JAKARTA - Penyakit menular dan tidak menular tertentu masih merupakan ancaman di Indonesia. Jenis penyakit itu antara lain infeksi (TB, DBD, Diare,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News