Indonesia Masuk Resesi, Airlangga: Kita Sudah Melewati Rock Bottom

Indonesia Masuk Resesi, Airlangga: Kita Sudah Melewati Rock Bottom
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menilai kondisi pertumbuhan ekonomi yang dipotret Badan Pusat Statistik (BPS) sebenarnya termasuk bagus.

Meski Indonesia selama dua kuartal berturut-turut pada 2020 memasuki angka negatif atau resesi, Airlangga memandang kondisi ekonomi negara mengarah ke positif.

"Melihat dari pengumuman BPS tadi pagi, perekonomian kita (Indonesia) trennya sudah positif. Artinya kita sudah melewati rock bottom," kata Airlangga dalam konferensi pers virtual, Kamis (5/11).

"Di kuartal II kemarin minus 5,32, dan di kuartal III ini Indonesia sudah mencapai tren positif di minus 3,49, dan tentu kami berharap di kuartal IV trennya positif: minus 1,6 atau 0,6."

Airlangga menjelaskam, kenaikan pertumbuhan ekonomi dari minus 5,32 menjadi minus 3,49 merupakan kabar baik.

Dia menilai status itu menunjukkan lompatan ekonomi.

"Kalau dibandingkaan dengan berbagai negara. Hampir semua negara trennya positif. Artinya dunia sudah mulai recovery dan itu sejalan dengan Indonesia juga," jelas dia.

Di samping itu, kata Airlangga, negara-negara Asean juga mengalami tren positif, seperti Singapura di minus 7.

Pemerintah menilai kondisi pertumbuhan ekonomi yang dipotret Badan Pusat Statistik (BPS) pada kuartal III 2020 sebenarnya termasuk bagus.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News