Indonesia Mempersiapkan Peluncuran Vaksin, Bagaimana Dengan Negara Lain?

Indonesia Mempersiapkan Peluncuran Vaksin, Bagaimana Dengan Negara Lain?
Vaksinasi massal vaksin Sputnik V di Rusia dimulai akhir pekan lalu. (AP: Pavel Golovkin)

Hari Minggu lalu, Indonesia telah menerima 1,2 juta dosis vaksin Sinovac buatan China dan masih menunggu 1,8 juta dosis vaksin susulan, beserta bahan bakunya, yang dapat diolah hingga menghasilkan 45 juta dosis.

Paket susulan tersebut diperkirakan akan sampai tahun depan.

Vaksin yang dikenal dengan nama CoronaVac tersebut namun masih membutuhkan persetujuan dari Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan sebelum diedarkan ke masyarakat luas.

Warga di Bali dikabarkan akan menjadi penerima pertama vaksin tersebut, dengan tujuan agar pulau tersebut dapat berubah "menjadi zona hijau awal tahun depan", menurut laporan kantor berita China, Xinhua.

Selain itu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga sedang dalam proses menerbitkan sertifikat halal untuk vaksin tersebut.

Sementara itu beberapa negara lain juga sedang mempersiapkan peluncuran vaksin COVID-19. Sejauh mana perkembangannya?

Inggris

Indonesia Mempersiapkan Peluncuran Vaksin, Bagaimana Dengan Negara Lain? Photo: Margaret Keenan, nenek berusia 90 tahun asal Inggris, menjadi penerima vaksin pertama di negara tersebut. (ABC)

 

Inggris merupakan negara pertama di dunia yang secara resmi mengesahkan penggunaan vaksin Pfizer-BioNTech COVID-19 dan sudah didistribusikan pekan ini.

Hari Minggu lalu, Indonesia telah menerima 1,2 juta dosis vaksin Sinovac buatan China dan masih menunggu 1,8 juta dosis vaksin susulan, beserta bahan bakunya, yang dapat diolah hingga menghasilkan 45 juta dosis

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News