Indonesia Minta Malaysia Kurangi Patroli

Indonesia Minta Malaysia Kurangi Patroli
Indonesia Minta Malaysia Kurangi Patroli
JAKARTA - Indonesia mendesak agar Malaysia mengurangi patroli di dekat teritorial perairan wilayah kedaulatan Indonesia. Untuk patroli perbatasan, Indonesia mengajak adanya jadwal bersama guna menghindari kesalahpahaman.

Menteri Pertahanan Juwono Sudarso, dalam keterangan persnya, Rabu (10/6), di Departemen Pertahanan dan Keamanan, mengungkapkan bahwa desakan tersebut telah disampaikan saat menerima kunjungan dari Panglima Angkatan Tentera Diraja Malaysia (TDM), Jenderal Tan Sri Abdul Azis bin Haji Zaenal. "Kita katakan agar mereka mengurangi kegiatan patroli yang berdekatan dengan wilayah Indonesia, supaya persepsi tentang pelanggaran kedaulatan negara berkurang," jelasnya.

Sementara untuk pengamanan wilayah perbatasan, terkait dengan kegiatan patroli perairan, Pemerintah Indonesia menyarankan agar TDM, khususnya Tentera Laut Diraja Malaysia, bekerjasama dengan TNI Angkatan Laut. Patroli perbatasan bersama-sama ini diyakini dapat menimimalisir terjadinya kesalahpahaman antara dua negara yang berbatasan.

Ke depannya, Indonesia dan Malaysia akan membuat suatu joint maritime border patrol. Perjanjian ini antara lain berisi poin bahwa kedua negara dalam melakukan patroli tidak boleh melewati laut teritorial di atas 12 nautical mile, atau suatu lintasan yang disepakati utuk tidak dilanggar.

JAKARTA - Indonesia mendesak agar Malaysia mengurangi patroli di dekat teritorial perairan wilayah kedaulatan Indonesia. Untuk patroli perbatasan,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News