JPNN.com

Indonesia Ogah Bicara dengan Israel soal Bebas Visa

Jumat, 01 Juni 2018 – 16:16 WIB Indonesia Ogah Bicara dengan Israel soal Bebas Visa - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno P Marsudi menyatakan bahwa Indonesia dengan Israel tidak pernah melakukan pembicaraan rahasia mengenai fasilitas bebas visa kunjungan singkat. Sebab, Indonesia tak punya hubungan diplomatik dengan negeri bermata uang shekel itu.

"Beredar berita bahwa sejak 2016 ada pertemuan atau negosiasi rahasia yang mengatakan memulai membahas masalah hubungan diplomatik atau bebas visa antara Indonesia dan Israel. Dalam kesempatan ini saya ingin menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar," ucap Retno di gedung Kemenlu, Jakarta, Jumat (1/6). 

Sebelumnya surat kabar tertua di Israel, Haaretz pada awal Mei lalu menurunkan berita berjudul Without Diplomatic Ties, Progress Made Toward Indonesia Issuing Tourist Visas for Israelis. Berita itu membeber pembicaraan antara kamar dagang Israel dan Indonesia soal fasilitas bebas visa kunjungan bagi turis asal negeri di Timur Tengah tersebut.

Bahkan, Wakil Perdana Menteri Israel Tzipi Hotovely pernah mengungkap adanya kontak rahasia dengan Indonesia dalam rangka memperkuat hubungan antara kedua negara. Pejabat Kementerian Luar Negeri Israel pun diam-diam pernah berkunjung ke Jakarta.

Namun, Retno menegaskan bahwa Indonesia tak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel. Sebaliknya, katanya, Indonesia terus mendukung perjuangan Palestina untuk memperoleh kemerdekaan seluruhnya dari pendudukan Israel.

"Jadi keberpihakan politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina sudah sangat jelas dan saya perlu tegaskan kembali," pungkas Retno yang dalam kesempatan itu didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Sedangkan Yasonna memastikan pemerintah tak pernah melakukan pembicaraan soal bebas visa dengan Israel. Bahkan, kata Yasonna, pemerintah sempat menolak permohonan visa yang diajukan 53 warga negara Israel.

"Kita tidak pernah membicarakan bahkan berdiskusi tentang bebas visa untuk negara Israel karena memang, seperti kata Menlu, kita tidak punya hubungan diplomatik dengan mereka," tambahnya.(fat/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...