Menlu Retno Bantah Ada Negosiasi Rahasia Indonesia - Israel

Menlu Retno Bantah Ada Negosiasi Rahasia Indonesia - Israel
Menlu Retno Marsudi. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyatakan Indonesia dengan Israel tidak pernah melakukan pembicaraan rahasia mengenai bebas visa.

Retno mengingatkan, hingga kini Indonesia tak punya hubungan diplomatik dengan Israel.

"Beredar berita bahwa sejak 2016 ada pertemuan atau negosiasi rahasia yang mengatakan memulai membahas masalah hubungan diplomatik atau bebas visa antara Indonesia dan Israel. Dalam kesempatan ini saya ingin menegaskan bahwa hal tersebut tidak benar," ucap Retno di gedung Kemenlu, Jakarta, Jumat (1/6).

Perempuan kelahiran Semarang berusia 55 tahun ini menegaskan, mengenai politik luar negeri Indonesia, di mana negara ini terus bersama Palestina dalam perjuangan mereka mendapat kemerdekaan dan hak-hak mereka.

"Jadi keberpihakan politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina sudah sangat jelas dan saya perlu tegaskan kembali," pungkas Retno didampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

Yasonna, pada kesempatan itu menguatkan pernyataan Retno soal kabar yang menyebut ada pembicaraan rahasia antara Indonesia dengan Israel.

"Kami tidak pernah membicarakan bahkan berdiskusi tentang bebas visa untuk negara Israel karena memang, seperti kata menlu, Indonesia tidak punya hubungan diplomatik dengan mereka," tambahnya. (fat/jpnn)


Sikap politik luar negeri Indonesia tetap bersama Palestina dalam perjuangan mereka mendapat kemerdekaan dan hak-hak mereka. Bukan bersama Israel.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News