Indonesia Penyumbang Emisi Terbesar di Dunia

Indonesia Penyumbang Emisi Terbesar di Dunia
Indonesia Penyumbang Emisi Terbesar di Dunia
JAKARTA - Berdasarkan data Climate Analysis Indicators Tool (CAIT), Indonesia termasuk ke dalam kategori Annex I atau kelompok negara penyumbang emisi terbesar di dunia. "Indonesia menjadi salah satu dari 20 negara yang termasuk ke dalam Annex I," terang Oxfam Internasional Climate Campaigner for East Asia, Rully Prayoga, Selasa (16/6).

Dikatakan Rully, Indonesia seharusnya membayar kontribusi emisinya pada dunia. Namun di satu sisi, Indonesia termasuk ke dalam negara yang memiliki kapasitas rendah akibat rendahnya pendapatan per kapita dan jumlah penduduk yang cukup besar. "Indonesia belum berkewajiban membayar dan menurunkan emisi, karena termasuk dalam golongan negara berkembang," jelasnya.

Seperti yang diketahui, sekitar seperlima dari emisi gas rumah kaca global disebabkan penebangan hutan, terutama dari hutan-hutan tropis. Emisi gas cenderung meningkat dari tahun ke tahun akibat penebangan hutan legal maupun ilegal.

Hutan dan tanah sekitarnya merupakan lokasi penyimpan karbon terbesar melebihi ekosistem berbasis tanah lainnya. Kawasan hutan menyimpan sekitar 300 miliar ton karbon, yang setara dengan 40 kali jumlah karbon yang terlepas ke atmosfir sebagai akibat pembakaran bahan energi dari fosil serta produksi dari semen.

JAKARTA - Berdasarkan data Climate Analysis Indicators Tool (CAIT), Indonesia termasuk ke dalam kategori Annex I atau kelompok negara penyumbang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News