Indonesia Perlu Membangun Klaster Lokal untuk Mendominasi Pasar Pangan Dunia

Indonesia Perlu Membangun Klaster Lokal untuk Mendominasi Pasar Pangan Dunia
Anggota Komisi VI DPR Muhammad Rapsel Ali. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VI DPR RI Muhammad Rapsel Ali mengatakan kehadiran BUMN Klaster Pangan adalah salah satu terobosan yang diharapkan bisa mewujudkan ekosistem pangan nasional unggul dan berdaya saing.

Menurutnya BUMN Klaster Pangan lebih siap untuk bersinergi dan membangun kolaborasi, mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional melalui ketersediaan, keterjangkauan, peningkatan kualitas, dan keberlanjutan.

Selain BUMN Klaster Pangan, kata Rapsel, pemerintah juga perlu mendorong peran swasta termasuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

Khusus UMKM, penyediaan bahan baku, proses produksi dan teknologi, keuangan, pemasaran, Sumber Daya Manusia (SDM), dan penciptaan nilai tambah perlu menjadi perhatian.

Menantu Wakil Presiden RI KH Ma’ruf Amin itu menuturkan bahwa terobosan lain yang bisa dilakukan adalah membangun klaster pangan lokal.

"Pembangunan klaster pangan lokal berdasarkan pulau dan komoditasnya sangat penting dan memang sangat memungkinkan di Indonesia,” kata Rapsel, dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/10).

Dengan kondisi geografis, tanah yang bagus, serta iklim tropis, berbagai jenis tanaman bisa tumbuh di Indonesia merupakan potensi luar biasa.

“Tanah di negeri ini dapat ditanami berbagai jenis tanaman. Dan kalau kalau masing-masing daerah memiliki potensi tanaman dan hasil pangan sendiri, itu akan luar biasa,” ujar politikus Partai NasDem tersebut.

Menurut Rapsel Ali, Indonesia perlu membangun klaster lokal untuk dapat mendominasi pasar pangan dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News