Indonesia-Polandia Eksplorasi Kolaborasi Sektor Tenaga Kerja

Indonesia-Polandia Eksplorasi Kolaborasi Sektor Tenaga Kerja
Kepala BNP2TKI Nusron Wahid (tengah). Foto: BNP2TKI

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia dan Polandia bersepakat mengeksplorasi lebih jauh perihal kerja sama di sektor tenaga kerja.

Pasalnya, Indonesia memiliki cukup banyak skilled workers, sedangkan Polandia memerlukan tenaga-tenaga yang mempunyai ketrampilan terkait industri galangan kapal dan perikanan.  

Kesungguhan kedua pihak ditandai kesepakatan untuk mengadakan koordinasi ke berbagai instansi di dalam negeri masing-masing.

Setelah itu akan dilanjutkan dengan pertemuan para pejabat senior serta kalangan swasta kedua negara di Warsawa, Polandia, awal tahun depan.

Kesepakatan tersebut tercapai dalam pertemuan antara Deputi Menteri Negara pada Kementerian Kemaritiman dan Navigasi Antar Darat Polandia Anna Moskwa dengan Kepala BNP2TKI Nusron Wahid. 

Anna Moskwa didampingi Dubes Polandia untuk Indonesia Beta Stozynska, sedangkan Nusron Wahid bersama Sestama BNP2TKI Tatang Budie Utama Razak.

Dalam kesempatan itu Nusron Wahid memberi gambaran tentang perjanjian yang  akan dicapai kedua pihak adalah antara swasta dengan swasta (P to P). Perjanjian tersebut akan dipayungi pemerintah kedua negara.   

Tatang Razak menambahkan, pihaknya dalam beberapa waktu mendatang akan mengadakan pertemuan dengan perusahaan-perusahaan penyedia jasa tenaga kerja. Hasil pertemuan akan disampaikan kepada Jakub Janas, Konsul pada Kedubes Polandia di Indonesia.

Indonesia dan Polandia bersepakat mengeksplorasi lebih jauh perihal kerja sama di sektor tenaga kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News