Indonesia Punya 15 Produk Unggulan Ekspor

Indonesia Punya 15 Produk Unggulan Ekspor
Indonesia Punya 15 Produk Unggulan Ekspor
JAKARTA - Memperkenalkan produk-produk unggulan Indonesia yang diekspor ke mancanegara, pemerintah bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta sejumlah koleganya menggelar seminar dan pameran pangan nasional pasok dunia "Feed the World", di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Gelaran akbar itu berlangsung selama empat hari, 28-31 Januari 2010.

Wakil Ketua Kadin, Fransiskus Walerang, mengutarakan bahwa dalam seminar tersebut disampaikan 15 komoditas unggulan nasional yang bisa menghasilkan devisa sekitar USD 101,5 miliar hingga 2014. Belasan komoditas ekspor itu dibagi dalam beberapa kategori, antara lain empat komoditas strategis, yaitu berupa beras, jagung, tebu dan kedelai. Selain itu, ada enam komoditas unggulan, yaitu kelapa sawit, teh, kopi, kakao, tuna dan udang. Dua komoditas lainnya berupa sapi dan ayam, serta tiga buah terpopuler yaitu mangga, pisang dan jeruk.

Acara yang diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Jumat (28/1) itu, mengusung tema "Menuju Swasembada yang Kompetitif dan Berkelanjutan Serta Mendorong Produk-produk Unggulan Menjadi Primadona Dunia". Pameran ini melibatkan sebanyak 172 peserta dari berbagai instansi dan kalangan.

Presiden sendiri sempat memberi tips agar sukses dalam menjalankan misi ekspor. "Tentukan strategi dan sasaran kebijakan yang tepat. Sasarannya harus kongkrit. Pemerintah yang harus meneruskan, dan dibantu dunia usaha," kata SBY.

JAKARTA - Memperkenalkan produk-produk unggulan Indonesia yang diekspor ke mancanegara, pemerintah bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) serta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News