JPNN.com

Indonesia Sampaikan Penanganan Sampah di COP24 Polandia

Kamis, 13 Desember 2018 – 17:19 WIB Indonesia Sampaikan Penanganan Sampah di COP24 Polandia - JPNN.com

jpnn.com, POLANDIA - Direktorat Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengadakan kegiatan talkshow yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan di Paviliun Indonesia pada acara tahunan pertemuan negara pihak/COP 24 UNFCC yang dilaksanakan di Katowice Polandia.

Indonesia Sampaikan Penanganan Sampah di COP24 Polandia
Skip Adv

Talkshow yang bertema “Indonesian Concrete Action On Reducing Plastic Waste” pada 12 Desember 2018 ini menghadirkan narasumber antara lain Rosa Vivien Ratnawati, Direktur Jenderal Pengelolaan Sampah, Limbah dan Bahan Berbahaya dan Beracun, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang menyampaikan Indonesia’s Concrete Action on Reducing Plastic Waste berkaitan dengan kesehatan masyarakat.

Kemudian Bambang Suwerda, Penggagas Bank Sampah yang menyampaikan gerakan masyarakat dalam mengurangi sampah melalui praktek bank sampah di tingkat komunitas.

Talkshow ini dihadiri oleh para mitra organisasi internasional, negara anggota UNFCCC, komunitas bisnis, NPO / LSM Internasional, pelaku perubahan iklim dan lembaga pemerintah. Acara ini dimoderatori oleh Tiza Mafira (Ocean Hero 2018)

Talkshow ini diselenggarakan untuk mempromosikan kontribusi Indonesia dalam mengurangi sampah plastik, terutama memerangi sampah plastik di laut dari kegiatan berbasis lahan serta memitigasi perubahan iklim.

Talkshow ini juga menjadi tindak lanjut dari kampanye nasional Pemerintah Indonesia dalam memerangi sampah plastik dengan tagline “Kendalikan Smapah Plastik” yang mendukung Program Kamapaye Lingkungan dari UN Environment yang mengangkat masalah ini sebagai tema untuk Hari Lingkungan Dunia 2018 "Beat Plastic Pollution”.

Berdasarkan data, timbulan sampah di Indonesia didominasi oleh sampah organik sebesar 57%, diikuti oleh sampah plastik 16%, kertas dan sampah karton 10%, dan lainnya 17%.

Dalam satu dekade, komposisi sampah plastik meningkat 5%, timbunan sampah plastik meningkat pesat dalam 5 tahun terakhir.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...