Indonesia Targetkan Raih Lima Emas di IPhO 2017

Indonesia Targetkan Raih Lima Emas di IPhO 2017
IPhO ke-48 ini akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 16-24 Juli 2017. Foto: Mesya Mohammad/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah International Physics Olympiad (IPhO) ke-48. IPhO merupakan ajang olimpiade sains tertua dan terbesar setelah olimpiade matematika yang mempertemukan anak-anak SMA terbaik untuk bertanding dalam penguasaan kompetensi bidang fisika.

IPhO ke-48 ini akan diselenggarakan di Yogyakarta pada 16-24 Juli 2017. Dan ini kedua kalinya Indonesia menjadi tuan rumah setelah pada 2002 diselenggarakan di Bali.

Direktur Pembinaan SMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Purwadi mengungkapkan, ada 86 negara yang mengikuti olimpiade terus. Awalnya ada 88 tapi dua negara, Qatar dan Tunisia mengundurkan diri.

Indonesia sendiri menerjunkan ilma peserta. Kelima siswa ini berasal dari sekolah wilayah Jabodetabek.

“Kami menargetkan meraih emas sebanyak-banyaknya. Mudah-mudahan lima siswa ini bisa menyumbang lima emas di IPhO 2017," kata Purwadi di Kantor Kemendikbud, Jumat (14/7).

Walaupun belum satu pun negara yang bisa menggondol lima emas, tapi Purwadi optimistis Indonesia bisa berhasil.(esy/jpnn)

Indonesia kembali dipercaya menjadi tuan rumah International Physics Olympiad (IPhO) ke-48. IPhO merupakan ajang olimpiade sains tertua dan terbesar


Redaktur & Reporter : Mesya Mohamad

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News