Indonesia Tawarkan Proyek Pengembangan KA dan Pelabuhan di Korea

Indonesia Tawarkan Proyek Pengembangan KA dan Pelabuhan di Korea
Ilustrasi kereta api. Foto: Jawa Pos/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo menawarkan proyek pengembangan kereta api dan pelabuhan.

Sugihardjo saat ini tengah bertindak sebagai STOM Leader Indonesia dalam Pertemuan ke-8 ASEAN-ROK Transport Cooperation Forum yang diselenggarakan di Seoul, Korea pada 12-14 Juli.

Tawaran tersebut disampaikan Sugihardjo pada saat business matching dengan beberapa perusahaan Korea yang tertarik melakukan investasi di Indonesia.

Dalam sambutan pembukaan sebagai tuan rumah pertemuan, Vice Minister of Land, Infrastructure and Transport, Korea menegaskan komitmen Pemerintah Korea untuk ikut membantu negara ASEAN khususnya di sektor transportasi.

Dalam paparannya, Sugihardjo menambahkan daftar proyek potensial sektor transportasi yang bisa ditawarkan kepada investor asing melalui skema KPBU (Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha).

“Seperti Jabodetabek perlu dikembangkan sistem transportasi massal yang berbasis ITS (Intelelligent Transport System),” tambahnya.

Seperti diketahui, Pemerintah Korea melalui MOLIT (Ministry of Land, Infrastructure and Transport) mempunyai komitmen membantu negara ASEAN khususnya di sektor transportasi.

Hal ini ditunjukkan dengan dilakukannya training program Logistics Policy and Operation Course; Railway Policy and Safety Course; Urban Transport dan Land Expropriation and Compensation kepada negara ASEAN dengan biaya sepenuhnya ditanggung oleh Korea.

Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Sugihardjo menawarkan proyek pengembangan kereta api dan pelabuhan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News