Indonesia vs Filipina: Andik Vermansah Bilang Begini

Indonesia vs Filipina: Andik Vermansah Bilang Begini
Timnas Indonesia: Stefano Lilipaly, Riko Simanjuntak, Andik Vermansah, dan Evan Dimas, saat sesi latihan timnas Indonesia di Stadion Bishan Singapore, Rabu (7/11/18). Foto: Chandra Satwika/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina pada ajang Piala AFF 2018 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (25/11).

Meski tidak ada lagi harapan bagi timnas Indonesia untuk melaju ke semifinal Piala AFF 2018, para pemain tetap serius menjalani latihan persiapan di Stadion Madya Senayan, Jakarta, Jumat kemarin.

Hansamu Yama dkk terlihat sangat enjoy. Pelatih Timnas Indonesia Bima Sakti banyak memberikan materi game kepada anak asuhnya. Tidak dibebani materi strategi yang berat.

Bima menyadari harus bisa menjaga mental pemain yang sedang galau karena tertahan di fase grup. Karena itu, dia tidak mau langsung tancap gas dan memberikan materi berat.

Bahkan, eks gelandang timnas itu sering terlihat menjahili beberapa pemain untuk membuat suasana latihan menjadi santai. ’’Ya, pemain ingin menutup fase grup ini dengan kemenangan,” ujar Bima.

Terkait lawan, Bima menyadari Filipina saat ini sedang bagus-bagusnya. Sven-Goran Eriksson yang jadi juru taktik jadi salah satu alasannya. ’’Pemainnya juga punya postur tinggi karena banyak pemain naturalisasi. Kami siapkan untuk menghadapi bola-bola set piece,’’ jelasnya.

Selain itu, tinggi badan, Bima melihat koordinasi permainan The Azkals –julukan Filipina– rapi. Transisi bertahan dan menyerang cukup apik karena dihuni banyak pemain berpengalaman. ’’Organisasi dan kekompakannya juga luar biasa,’’ terangnya.

Sementara itu, pemain Indonesia Andik Vermansah mengakui kegagalan Indonesia memang membuat mentalnya drop. Dia kecewa dan meminta maaf kepada suporter Indonesia karena tidak bisa memberikan hasil yang bagus.

Timnas Indonesia vs Filipina pada Piala AFF 2018 akan berlangsung di SUGBK Senayan hari ini, Bima Sakti janjikan kemenangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News