Piala AFC U-19 2018

Indonesia vs Jepang: Sudah Disiapkan Pengganti Nur Hidayat

Indonesia vs Jepang: Sudah Disiapkan Pengganti Nur Hidayat
Pemain Timnas U-19 Indonesia: Nur Hidayat, Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman. Foto: PSSI.org

jpnn.com, JAKARTA - Jelang laga Timnas U-19 Indonesia vs Jepang di babak perempat final Piala AFC U-19 2018, Minggu (28/10), Indra Sjafri memberi jatah libur latihan pada Rachmat Irianto dkk, Kamis (25/10).

Ini lantaran fisik penggawa timnas Indonesia U-19 terkuras setelah bertarung habis-habisan melawan Uni Emirat Arab U-19 (24/10).

Nah, saat pemain beristirahat, staf pelatih memanfaatkan waktu untuk meracik strategi jelang laga melawan Jepang pada Minggu (28/10) mendatang.

Apalagi, Timnas akan kehilangan bek tengah andalannya, Nur Hidayat. Pemain Bhayangkara FC itu harus absen lantaran kartu merah yang diterimanya ketika melawan UEA (24/10). Posisi Pria asli Makasar itu bakal digantikan oleh Indra Mustofa yang bermain cukup apik dalam dua pertandingan terakhir.

Tak hanya fisik. Timnas juga fokus membenahi mental pemain. Apalagi, menurut asisten pelatih dan sekaligus psikolog tim Guntur Cahyo Utomo, Jepang bukan lawan yang mudah ditaklukkan. Namun, Guntur punya cara untuk memotivasi pemain.

Guntur mengatakan, siapapun lawannya sepak bola adalah sepak bola. Mau semi final ataupun final, pemain harus fokus untuk bisa mencetak gol dan mengamankan gawangnya. ’’Jadi bukan berpikir lawan lebih kuat atau lebih lemah. Tapi berpikir bagaimana bereaksi menghadapi lawan. Jadi harus tetap tenang.’’ kata Guntur.

BACA JUGA: Berat Badan Indra Sjafri Turun Drastis, Bukan karena Timnas

Guntur juga memantau penampilan Jepang. Terutama, bagaimana cara Jepang bertanding dan merespons lawan-lawan dalam pertandingan. ’’Dari situ saya bisa menganlisis segala macam yang berkenaan dengan Jepang,’’ bebernya. (rid/bas)


Skuat Timnas U-19 Indonesia libur latihan jelang laga perempat final Piala AFC U-19 menghadapi Jepang, Minggu (28/10).


Redaktur & Reporter : Soetomo

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News