Indonesia vs Thailand: Akui Babak Pertama Kurang Fokus

Indonesia vs Thailand: Akui Babak Pertama Kurang Fokus
Pelatih Timnas Indonesia U-19 Indra Sjafri. Foto: Dika Kawengian/Jawa Pos

jpnn.com, SIDOARJO - Timnas Indonesia U-19 dikalahkan Thailand 1-2 dalam laga terakhir Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Senin (9/7) malam. Status juara grup A pun berpindah ke tangan Thailand.

Ini menjadi kekalahan pertama bagi tim besutan Indra Sjafri itu. Akibatnya, Indonesia hanya mengoleksi 12 poin dan tertinggal satu angka di belakang Thailand yang mengemas 13 poin.

Berhadapan dengan Thailand yang berstatus juara bertahan, Indonesia memang keteteran. Nurhidayat Haris dkk dipaksa bertahan. Striker Thailand Matee Sarakun terus menggempur barisan pertahanan Garuda Muda.

Pada menit ke-41 gawang Indonesia yang dikawal oleh M. Aqil Savik jebol lewat Nattawut Chootiwat. Yang disusul gol Matee Sarakun menit ke-50.

Indonesia bukan hanya diserang oleh Thailand. Banyak juga kesalahan umpan yang terjadi sehingga menghambat serangan. Lini pertahanan sisi kiri yang diisi oleh David Rumakiek juga terlihat rapuh. David kerap kali terlambat turun saat Thailand melakukan serangan.

”Laga tadi sangat menarik. Babak pertama memang kami kurang fokus. Banyak kesalahan inidividu yang terjadi,” tutur Indra Sjafri.

Hal senada juga disampaikan winger Saddil Ramdani. ”Ini menjadi pelajaran bagi kami. Semoga pertandingan selanjutnya bisa lebih baik lagi dan berikan yang terbaik untuk Indonesia,” ucap pemain bernomor punggung 15 itu.

Dari lima laga yang telah dilakoni, Indonesia muda dapat dibilang kesulitan untuk mencetak gol di awal. Tiga pertandingan terakhir, Indonesia baru bisa mencetak gol di sepuluh menit terakhir. Tadi malam Indonesia juga baru bisa menjebol gawang Thailand pada menit ke-84 lewat kaki M. Rifad Marasabessy.

Laga Indonesia vs Thailand di ajang Piala AFF U-19 berakhir dengan kemenangan sang juara bertahan, Timnas Indonesia U-19 koleksi 12 poin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News