Indra Sjafri Siapkan Empat Gambaran Permainan Timnas U-19

Indra Sjafri Siapkan Empat Gambaran Permainan Timnas U-19
Indra Sjafri (kanan). Foto: Dika Kawengian/Jawa Pos

jpnn.com, JAKARTA - Timnas U-19 Indonesia semakin memantapkan tim jelang Piala AFC U-19 pada Oktober mendatang.

Skuat polesan Indra Sjafri tersebut tak akan hanya berpaku pada satu pola yang selama ini kerap menjadi andalan pelatih asal Sumatera Barat tersebut.

Indra menegaskan, telah menyiapkan beberapa alternatif sistem yang akan dipergunakannya saat bertanding di Piala Asia U-19 2018. Salah satunya, adalah memaksimalkan taktikal dengan sistem 4-1-4-1.

Formasi tersebut menurut Indra juag dikenal dengan sistem sayap Garuda, dengan banyak menempatkan pemain di lini tengah dan mengandalkan serangan yang berbeda dengan

Strategi 4-1-4-1 juga terus dimatangkan Indra Sjafri saat berlaga di turnamen PSSI Anniversary Cup U-19 2018 yang berlangsung pada 21-25 September 2018 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor.

Selain formasi tersebut, Indra juga bisa memaksimalkan formasi 4-3-3 seperti yang pernah diterapkannya saat membawa skuat Timnas U-19 menjuara Piala AFF U-19 pada 2013 lalu.

Namun demikian, Indra memastikan formasi ini akan disesuaikan dengan karakter pemain dan gaya main yang diinginkan olehnya. Tak hanya satu atau dua sistem, ada lebih dari tiga sistem yang terus dimaksimalkan oleh pelatih berkumir tersebut.

"Jadi itu tergantung dari dinamika yang akan terjadi nanti dari pemain dan tim pelatih juga sudah ada empat gambaran akan bermain bagaimana," tegasnya.

Timnas U-19 Indonesia semakin memantapkan tim jelang Piala AFC U-19 pada Oktober mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News