Industri di Luar Jawa Semakin Menggeliat

Industri di Luar Jawa Semakin Menggeliat
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – Industri pengolahan nonmogas di luar Jawa memberikan sumbangan yang terus meningkat terhadap ekonomi nasional. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian, kontribusi industri pengolahan nonmogas di luar jaab sebesar 30,75 persen pada 2015.

Jumlah itu meningkat bila dibandingkan 2014 lalu. Saat itu, kontribusi pengolahan nonmigas luar Jawa terhadap ekonomi nasional hanya 29,27 persen.

“Industrialisasi di luar Jawa terus menggeliat. Karena itu, investasi baru kami arahkan ke sana supaya tidak terjadi gap yang terlalu tinggi dengan industri di Jawa,’’ ujar Menteri Perindustrian Saleh Husin akhir pekan kemarin.

Data BPS yang diolah Kemenperin menunjukkan pergeseran kontribusi industri. Sumbangan industri Pulau Jawa terhadap produk domestik bruto (PDB) sebesar 58,51 persen pada 2014. Jumlah itu menyusut sedikit menjadi 58,29 persen pada 2015.

“Sementara itu, Bali dan Nusa Tenggara memberi kontribusi yang terus bertambah. Dari 2,5 persen di 2014 menjadi 3,06 setahun kemudian,” tambah Saleh. (wir/jos/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News