Industri Semen Tumbuh di Atas 10 Persen

Industri Semen Tumbuh di Atas 10 Persen
Industri Semen Tumbuh di Atas 10 Persen
JAKARTA – Pelaku industri semen optimistis bisnis semen nasional tahun ini bisa tumbuh di atas sepuluh persen. Padahal, awal tahun lalu diproyeksi pertumbuhan industri semen hanya enam persen.

Ketua Asosiasi Semen Indonesia (ASI) Urip Trimuryono mengatakan, pertumbuhan industri semen sampai akhir tahun nanti bisa lebih tinggi daripada perkiraan awal. ’’Kami koreksi dari enam persen menjadi 10 persen sampai akhir 2011,’’ katanya Minggu (25/9).

Dia menjelaskan, revisi target tersebut didasari pencapaian pada semester pertama lalu yang pertumbuhannya sudah menyentuh sepuluh persen. Karena itu, pelaku usaha berani mengoreksinya dengan menaikkan target. ’’Agustus kemarin saja bisa mencapai 14 persen, sehingga kami yakin sampai akhir tahun (pertumbuhannya) bisa 10 persen lebih,’’ tandasnya.

Kapasitas terpasang industri semen nasional saat ini sebesar 55 juta ton dengan utilitas mencapai 85 persen. Dengan demikian, produksi semen tiap tahun baru mencapai 44 juta ton dari sembilan perusahaan. ’’Sejumlah perusahaan sedang dalam proses pembangunan pabrik, antara lain, Semen Gresik, Holcim, dan Semen Tonasa,’’ sebutnya.

JAKARTA – Pelaku industri semen optimistis bisnis semen nasional tahun ini bisa tumbuh di atas sepuluh persen. Padahal, awal tahun lalu diproyeksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News