Inflasi November 0,34 Persen

Inflasi November 0,34 Persen
Inflasi November 0,34 Persen
JAKARTA - Hingga mendekati penghujung tahun, inflasi tahunan masih terkendali di posisi 4,15 persen. Inflasi tahun kalender (Januari-November) baru mencapai 3,20 persen. Pada November sendiri, tingkat inflasi cukup landai di level 0,34 persen.

Badan Pusat Statistik (BPS) memperkirakan inflasi hingga akhir tahun bisa berada di kisaran 4,15 persen. Syaratnya, inflasi Desember tidak jauh dari tahun lalu sebesar 0,92 persen. Deputi Statistik bidang Distribusi dan Jasa BPS Djamal mengatakan penyumbang inflasi terbesar adalah emas perhiasan sebesar 0,1 persen.

"Kalau Oktober lalu emas penyumbang deflasi, November lalu menyumbang inflasi," kata Djamal di kantornya kemarin. Tahun ini, pemerintah menargetkan inflasi sebesar 5,65 persen.

Penyumbang inflasi lainnya adalah cabai merah dengan inflasi 0,09 persen, beras 0,06 persen, dan telur 0,03 persen. "Kenaikan harga cabai merah karena sudah memasuki musim hujan," kata Djamal.

JAKARTA - Hingga mendekati penghujung tahun, inflasi tahunan masih terkendali di posisi 4,15 persen. Inflasi tahun kalender (Januari-November) baru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News