Inflasi September Tertinggi Tahun Ini

Inflasi September Tertinggi Tahun Ini
Inflasi September Tertinggi Tahun Ini
JAKARTA - Inflasi tahun ini mencapai puncak. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada September lalu sebesar 0,97 persen. Sehingga inflasi tahunan (year on year) mencapai 12,14 persen atau tertinggi sepanjang tahun ini. Inflasi tahun kalender mencapai 10,47 persen.

Dengan sisa tiga bulan hingga akhir tahun ini, target inflasi maksimal 11,4 persen hampir mustahil tercapai. Sebab, inflasi diprediksi masih akan tinggi Desember nanti atau menjelang Natal dan Tahun Baru.

''Jika rata-rata inflasi 0,5 persen setiap bulan saja, tambahannya sudah 1,5 persen,'' kata Deputi Bidang Statistik Bidang Distribusi dan Jasa Ali Rosidi di kantornya Senin (6/10). Padahal, agar tidak sampai menembus batas 11,4 persen, tambahan inflasi dalam tiga bulan tidak boleh lebih dari 1 persen.

Menurut Ali, inflasi cukup tinggi karena beban harga pada puasa dan Lebaran lalu terakumulasi pada September. Ini berbeda dengan dua tahun terakhir saat puasa terbagi dalam September dan Oktober. ''Ini membuat inflasi menjadi (naik) signifikan,'' ujar Ali.

JAKARTA - Inflasi tahun ini mencapai puncak. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat inflasi pada September lalu sebesar 0,97 persen. Sehingga inflasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News