Influencer Mesir Dipenjara Dua Tahun Gegara Dianggap Tidak Bermoral

Influencer Mesir Dipenjara Dua Tahun Gegara Dianggap Tidak Bermoral
Dua media sosial influencer di Mesir Haneen Hossam dan Mawada al-Adham masing-masing dikenai hukuman dua tahun penjara. (Supplied: Instagram)

Pengadilan di Mesir menjatuhkan hukuman penjara masing-masing dua tahun bagi dua media sosial influencer dan tiga perempuan lainya, setelah dinyatakan bersalah mempromosikan "tindakan tidak bermoral" dan perdagangan manusia.

  • Di Instagramnya, Haneen Hossam menjelaskan bagaimana perempuan bisa membuat unggahan untuk mendapat uang
  • Mawada Al-Adham dituduh memuat foto dan video yang tidak senonoh
  • Anggota parlemen Mesir mendesak pemerintah melarang aplikasi TikTok

 

Semua perempuan juga dikenai denda sebesar 300 ribu pound Mesir (sekitar Rp 260 juta), karena kepemilikan akun Tiktok yang dianggap melanggar tatanan nilai di Mesir.

Menurut pengadilan, akun-akun media sosial tersebut mendorong perempuan lain untuk mencari uang dari internet dengan mengumpulkan pengikut sebanyak mungkin.

Haneen Hossam, 20 tahun, seorang mahasiswi Cairo University dituduh mendorong para perempuan muda bertemu pria lewat aplikasi video dan membina persahabatan dengan mereka.

Haneen dituduh mendapat keuntungan material tergantung dari jumlah mereka yang menonton aplikasi tersebut.

Mawada al-Adham, seorang influencer lainnya dengan sedikitnya 2 juta pengikut, juga dituduh memasang foto-foto dan video tidak senonoh di media sosial.

Menurut jaksa penuntut, tiga perempuan lain dikenai tuduhan membantu Hossam dan Al-Adham mengelola akun media sosial mereka.

Pengadilan di Mesir menjatuhkan hukuman penjara masing-masing dua tahun bagi dua media sosial influencer dan tiga perempuan lainya, setelah dinyatakan bersalah mempromosikan

Sumber ABC Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News