JPNN.com

Info dari Bu Menlu soal Data WNI Pulang dari Luar Negeri pada Masa Pandemi

Senin, 11 Mei 2020 – 20:28 WIB Info dari Bu Menlu soal Data WNI Pulang dari Luar Negeri pada Masa Pandemi - JPNN.com
Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Luar (Menlu) Negeri Retno Marsudi mengungkapkan bahwa 72.966 warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia telah pulang ke tanah air. Menyitat data Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) per minggu (10/5), Retno menyebut 65 persen dari total WNI yang pulang dari Malaysia melalui jalur laut.

"Kembali melalui laut 65 persen atau 47.674 orang," kata Retno dalam keterangan resmi yang disiarkan akun BNPB Indonesia di YouTube, Senin (11/5).

Lebih lanjut Retno mengatakan, sebanyak 14.681 orang (20 persen) dari WNI itu pulang menggunakan jalur darat. "Kemudian melalui jalur udara 15 persen atau berjumlah 10.611 orang," lanjut dia.

Menurut Retno, Pemerintah Malaysia telah memperpanjang masa Movement Control Order (MCO) yang berlaku mulai 12 Mei hingga 9 Juni 2020. Namun, standarnya diturunkan menjadi Conditional Movement Control Order (CMCO).

Retno juga membeber data tentang kepulangan puluhan ribu WNI yang berprofesi sebagai anak buah kapal (ABK) di beberapa negara. Menurutnya, para WNI yang bekerja di kapal-kapal asing itu kembali melalui jalur laut dan udara.

"ABK yang telah tiba di Indonesia per hari kemarin adalah sebanyak 14.244 orang. Mereka kembali melalui jalur udara yaitu melalui Bandara Soekarno-Hatta dan Ngurah Rai, serta melalui jalur laut yaitu melalui Pelabuhan Benoa dan Tanjung Priok," tutur dia.

Selain itu, ada 992 WNI yang telah pulang dari Arab Saudi. Adapun 164 WNI telah kembali dari Kuwait.

"Dari Aljazair, para pekerja dari WiKa (Wijaya Karya, red) dan lain-lain dengan total 391 orang. Dari Kairo, telah tiba 25 April sebanyak 75 WNI," tutur dia.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara