JPNN.com

Info dari Bu Sri Mulyani: G20 Sepakat Lakukan Aksi Global Lawan Covid-19

Senin, 21 September 2020 – 14:01 WIB
Info dari Bu Sri Mulyani: G20 Sepakat Lakukan Aksi Global Lawan Covid-19 - JPNN.com
Menteri Keuangan Sri Mulyani. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan negara yang tergabung dalam Group of Twenty atau G20 telah sepakat terus melakukan aksi global bersama dalam menghadapi pandemi Covid-19 serta dampaknya terhadap kesehatan, sosial dan ekonomi. 

Sebelumnya Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengikuti rangkaian Pertemuan Menkeu dan Menteri Kesehatan G20, Pertemuan Menteri Keuangan serta Gubernur Bank Sentral ASEAN+3, serta Sidang Tahunan Asian Development Bank (ADB) pada 16-18 September 2020.

“Pandemi Covid-19 merupakan wake-up call bagi dunia tentang pentingnya investasi dalam pengembangan kapasitas kesiapan dan respons menghadapi pandemi," kata menteri yang kondang dengan inisial SMI itu dalam keterangan resminya, Senin (21/9).

Lebih lanjut mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menyatakan bahwa pemerintah terus melakukan penguatan sektor kesehatan dalam rangka memastikan akses bagi setiap orang terhadap layanan kesehatan yang berkualitas. 

"Di sisi lain, Indonesia juga melakukan upaya pemulihan ekonomi dengan memberikan dukungan terhadap masyarakat yang terdampak, termasuk UMKM dan dunia usaha," tambahnya.

Teknokrat lulusan Universitas Indonesia (UI) itu menambahkan, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan bahwa  tidak satu pun negara telah sepenuhnya siap menghadapi pandemi Covid-19 yang menyebar secara cepat dan berdampak besar pada kehidupan.

"Masih terdapat gap atas kapasitas pandemic preparedness, baik pada level nasional maupun level global," ujarnya.

Pada level nasional, kata SMI, umumnya kesenjangan tersebut terdapat pada kapasitas sistem surveillance (pengawasan) pandemi yang belum kuat, sistem kesehatan yang terbatas, koordinasi antar-lembaga yang belum efektif, dan komunikasi publik yang belum optimal. 

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara