JPNN.com

KTT G20: Presiden Xi Jinping Serukan Perang Global Maksimal

Jumat, 27 Maret 2020 – 17:05 WIB KTT G20: Presiden Xi Jinping Serukan Perang Global Maksimal - JPNN.com
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Presiden Tiongkok Xi Jinping menyerukan perang global secara maksimal melawan wabah virus corona dalam pertemuan pemimpin G20 yang berlangsung lewat video conference, Kamis (26/3).

"Sangat penting bagi masyarakat internasional untuk memperkuat kepercayaan diri, bertindak dengan persatuan, dan bekerja bersama dalam respons kolektif," kata Xi dalam KTT yang dilakukan melalui sambungan video di Beijing.

Xi mengatakan, masyarakat internasional harus secara komprehensif meningkatkan kerja sama internasional dan memupuk sinergi yang lebih besar sehingga umat manusia dapat memenangkan pertempuran melawan COVID-19.

Ini merupakan kali pertama para pemimpin dari 20 perekonomian utama dunia mengadakan KTT secara daring (online) sejak mekanisme tersebut, yang sebelumnya hanya mempertemukan para menteri keuangan dan gubernur bank sentral, ditingkatkan menjadi platform utama dunia untuk kerja sama ekonomi internasional pada 2008.

Menekankan bahwa wabah tersebut menyebar di seluruh dunia dan situasinya mengganggu serta meresahkan, Xi meminta negara-negara untuk bergerak cepat guna membatasi penyebaran virus tersebut.

Dia mengusulkan agar pertemuan para menteri kesehatan G20 diadakan sesegera mungkin guna meningkatkan pertukaran informasi, memperkuat kerja sama mengenai obat-obatan, vaksin, dan pengendalian epidemi virus corona, serta memotong penularan lintas perbatasan. (Xinhua/ant/dil/jpnn)

Sumber Xinhua

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...