Xi Jinping: Tiongkok Siap Membantu Semua Negara

Xi Jinping: Tiongkok Siap Membantu Semua Negara
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Tiongkok siap bekerja sama dengan semua negara dalam pertarungan global melawan pandemi virus corona yang mematikan. Janji manis itu diutarakan Presiden Xi Jinping saat berbincang dengan Presiden Rusia Vladimir Putin lewat sambungan telepon, Kamis (19/3).

"Tiongkok memiliki kepecayaan diri, kapasitas dan pengalaman untuk mencapai kemenangan mutlak atas epidemi tersebut," ujar Xi.

Seperti diketahui, virus corona pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, pada akhir tahun lalu. Kini virus tersebut sudah menyebar ke 158 negara dan menyebabkan kematian 9.800 orang.

Tiongkok kini berangsur pulih seiring dengan terus berkurangnya jumlah kasus baru. Negeri Tirai Bambu itu pun mulai gencar membantu negara-negara lain yang tengah kewalahan menangkal keganasan corona.

Meski begitu, uluran tangan Tiongkok ini tidak akan diterima Amerika Serikat. Pasalnya, Presiden Donald Trump dan jajarannya sampai sekarang masih sibuk menyalahkan Beijing atas pecahnya wabah virus corona.

"Jelas dunia kini membayar harga yang sangat mahal karena tindakan mereka (Tiongkok)," ujar Trump kemarin. (AFP/dil/jpnn)

VIDEO: Lihat Kondisi Terkini Menhub Budi Karya

Presiden Xi Jinping mengatakan, Tiongkok siap bekerja sama dengan semua negara dalam pertarungan global melawan pandemi virus corona yang mematikan


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber AFP

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News