Xi Jinping Minta Donald Trump Percaya Kemampuan Tiongkok

Xi Jinping Minta Donald Trump Percaya Kemampuan Tiongkok
Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan bilateral kedua negara pada KTT pemimpin negara G20 di Osaka, Jepang. Foto : Reuters/Lamarque

jpnn.com, BEIJING - Presiden Tiongkok Xi Jinping meyakinkan Presiden AS Donald Trump bahwa negaranya melakukan semua yang dapat dilakukan untuk menaklukkan virus corona yang telah menewaskan hampir 640 orang.

"Tiongkok secara bertahap telah mencatat kemajuan dan yakin dapat mengalahkan epidemi tanpa konsekuensi jangka panjang terhadap pembangunan ekonomi," kata Xi kepada Presiden Donald Trump melalui sambungan telepon, seperti dilaporkan stasiun televisi negara.

Sambungan telepon ke Gedung Putih itu dilakukan setelah bank sentral Tiongkok berjanji untuk meningkatkan dukungan bagi ekonomi guna meredam hantaman akibat wabah tersebut.

Pertumbuhan kuartal pertama di ekonomi terbesar kedua dunia itu bisa melambat 2 poin persentase atau lebih, dari 6 persen pada kuartal terakhir, namun bisa melambung tajam jika wabah segera memuncak.

Saham Tiongkok menuju pekan terburuk mereka sejak Mei, sementara di tempat lain di Asia, pasar keuangan tergelincir setelah kenaikan beberapa hari.

Presiden Xi sebelumnya mengumumkan perang terhadap virus itu dengan mengatakan Tiongkok telah merespons dengan segala kekuatannya dan langkah-langkah pencegahan dan kontrol yang paling teliti serta ketat. (ant/dil/jpnn)

Presiden Tiongkok Xi Jinping meyakinkan Presiden AS Donald Trump bahwa negaranya melakukan semua yang dapat dilakukan untuk menaklukkan virus corona yang telah menewaskan hampir 640 orang.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News