Info dari Pak Maslekhan, Daftar Tunggu CJH Mencapai 6.940 Orang 

Info dari Pak Maslekhan, Daftar Tunggu CJH Mencapai 6.940 Orang 
Kepala Kementerian Agama (Kamenag) Kabupaten Paser, Kaltim, Maslekhan. (Antara)

jpnn.com, TANAH GROGOT - Kepala Kementerian Agama Kabupaten Paser, Kalimantan Timur, Maslekhan mengatakan bahwa setiap hari ada masyarakat yang mendaftar sebagai calon jemaah haji. 

Menurut dia, saat ini daftar tunggu calon jemaah haji di Kabupaten Paser mencapai 6.940 orang. 

"Setiap hari ada saja yang mendaftar. Data kami sudah mencapai 6.940 orang," Kata Maslekhan di Tanah Grogot, Jumat (25/3).  

Dia menjelaskan, pada musim pemberangkatan haji, kuota calon jemaah haji di Kabupaten Paser sebanya 245 orang setiap tahun. 

Menurutnya, jika mengacu pada jumlah daftar tunggu haji, itu maka masyarakat yang mendaftar tahun ini diperkirakan butuh waktu 28 tahun untuk bisa berangkat. 

Oleh karena itu, Maslekhan mengimbau masyarakat yang berniat menunaikan ibadah haji dan sudah memiliki kemampuan segera mendaftar sekarang. 

"Masalah diberi panjang umur, itu urusan lain, yang penting jika memiliki kemampuan, daftar saja dulu," kata dia. 

Maslekhan menjelaskan jika calon jamaah haji tidak bisa menunaikan ibadah haji sebelum masanya disebabkan meninggal dunia, maka ahli waris atau keluarganya bisa menggantikannya. 

Daftar tunggu calon jemaah haji (CJH) di daerah ini mencapai 6.490 orang. Setiap hari selalu ada masyarakat yang mendaftar untuk berangkat haji. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News