Info dari Pak Yuri soal Rencana Pemerintah Perkuat Peran Aparat di Masa Pandemi

Info dari Pak Yuri soal Rencana Pemerintah Perkuat Peran Aparat di Masa Pandemi
Achmad Yurianto. Foto: Natalia Laurens/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Achmad Yurianto menyatakan, peran aparat penegak hukum selama pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) akan makin diperkuat. Alasannya, pemerintah ingin rakyat disiplin dalam menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Menurut Yurianto, penularan virus mematikan itu bisa ditekan jika rakyat disiplin. "Di dalam kaitan dengan kepatuhan untuk melaksanakan ketentuan-ketentuan ini, serta disiplin yang kuat, penegakan hukum dengan bantuan aparat negara sudah barang tentu akan semakin kami perkuat," katanya dalam keterangan resminya di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Senin (27/4).

Yuri -panggilan akrabnya- mengatakan, pemerintah ingin menegakkan kebijakan tentang larangan mudik Ramadan dan Idulfitri tahun ini. Oleh karena itu, pemerintah akan memperkuat peran aparat di lapangan.

"Berdisiplin untuk tidak mudik, tidak bepergian. Sebab, hal inilah yang menjadi faktor-faktor penyebab penularan dan penyebarluasan penyakit ini," papar Yurianto.

Pejabat berlatar belakang militer itu menambahkan, rencana pemerintah memperkuat penegakan hukum pada masa pandemi COVID-19 juga terkait dengan informasi sesat atau hoaks. Sebab, hoaks mengganggu psikologis masyarakat pada masa pandemi.

"Pelanggar informasi akan tetap ditindak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku," tutur Yuri.(mg10/jpnn)

Achmad Yurianto menyatakan, peran aparat penegak hukum selama pandemi coronavirus disease 2019 (COVID-19) akan makin diperkuat.


Redaktur & Reporter : Aristo Setiawan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News