Info Penting Kemenag Soal Uji Kinerja PPG Guru PAI & Madrasah 

Info Penting Kemenag Soal Uji Kinerja PPG Guru PAI & Madrasah 
Uji Kinerja Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan kembali digelar pada 18-21 Januari 2023. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Uji Kinerja (Ukin) Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan kembali digelar. Rencananya Ukin untuk angkatan ke-3 ini akan dilaksanakan dari 18-21 Januari 2023.

Kasubdit Ketenagaan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam (Diktis) Kemenag Ruchman Basori mengatakan program ini sebagian  didanai dengan Beasiswa Indonesia bangkit (BIB) Kemenag hasil kolaborasi antara LPDP-Kemenag program non degree.

Sebagai persiapan, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta menyelenggarakan Refreshmen Dosen dan Guru Penguji Uji Kinerja (Ukin) PPG dalam Jabatan di Jakarta.

Ruchman yang juga sebagai ketua Projec Managemen Unit (PMU) Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag mengingatkan masyarakat membutuhkan kehadiran para guru profesional dan memiliki pemahaman keagamaan yang moderat.

“Guru PAI dan Madrasah harus berada digarda terdepan untuk meng-counter wacana-wacana keagamaan yang intoleran dan ekstrem melalui pendidikan,” tegas Ruchman, Rabu (11/1).

Ruchman memaparkan temuan LSI Denny JA bahwa dalam kurun waktu 13 tahun, pendukung Pancasila menurun 10%. Survei tahun 2005 mencapai 85,2%, sedang pada 2018 menjadi 75,3%.

Sementara temuan Alvara Research Center (2017), menyatakan, 19,4% PNS tidak setuju Pancasila sebagai ideologi yang tepat bagi Indonesia. 18,1% pegawai swasta tidak setuju Pancasila sebagai ideologi yang tepat dan 9,1% pegawai BUMN menyatakan hal yang sama.

“Peran guru sangat penting mencetak kader bangsa yang moderat di tengah maraknya paham yang cenderung intoleran dan ekstrem,” katanya.

Info penting Kemenag soal uji kinerja PPG guru PAI & madrasah, waktu pelaksanaan makin dekat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News