Info Terbaru Gempa Hari Ini M6,2 di Aceh Singkil, Terungkap Pemicunya

Info Terbaru Gempa Hari Ini M6,2 di Aceh Singkil, Terungkap Pemicunya
Tangkapan layar peta guncangan gempa bumi magnitudo 6,2 di wilayah Pantai Selatan Kota Singkil, Aceh pada Senin (16/1/2023) pukul 05.30 WIB. Foto: ANTARA/HO-BMKG

jpnn.com - JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengumumkan telah terjadi gempa hari ini, Senin 16 Januari 2023, di wilayah Pantai Selatan Kota Singkil, Kabupaten Aceh Singkil, dengan magnitudo 6,2.

BMKG menyampaikan penyebab gempa tersebut ialah aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono di Jakarta, Senin, mengemukakan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,98 derajat Lintang Utara, 97,90 derajat Bujur Timur.

Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 41 km arah tenggara Kota Singkil, Aceh pada kedalaman 54 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menunjam ke bawah lempeng Eurasia," paparnya.

Dia menjelaskan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser naik (oblique thrust).

"Hingga pukul 06.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," katanya.

Gempa Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi yang terjadi pada Senin, 16 Januari 2023 pukul 05.30 WIB itu berdampak dan dirasakan di daerah Aceh Singkil dan Gunung Sitoli dengan skala intensitas IV MMI (bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah).

Info terbaru gempa hari ini Senin 16 Januari 2023 M6,2 mengguncang Aceh Singkil. Simak penjelasan BMKG.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News