Informasi Penting seputar UTBK-SBMPTN 2020

Informasi Penting seputar UTBK-SBMPTN 2020
Jadwal pendaftaran UTBK 2020 untuk SBMPTN 2020 perlu diketahui sejak awal. Ilustrasi Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pendaftaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 dimulai 2 Juni hingga 20 Juni 2020.

Ketua Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi ( LTMPT) Prof Dr Mohammad Nasih mengingatkan para calon pendaftar untuk memperhatikan prosedur pendaftarannya.

"Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sebab, UTBK diadakan dalam masa pandemi Covid-19. Sehingga, pelaksanaannya juga berbeda. Salah satunya untuk UTBK hanya dilaksanakan sekali saja," terang Nasih, Senin (1/6).

Dia menambahkan, sekarang situasi tidak normal. Karena itu berbagai macam proses dilakukan penyesuaian.

Lebih dari 1 juta calon peserta UTBK-SBMPTN 2020. Hanya, untuk yang lolos seleksi diperkirakan kurang lebih 150 ribuan orang.

"Artinya, soal dan hal-hal lainnya kami rancang sedemikian rupa dan tetap pada unsur fairness. Tidak ada peserta UTBK-SBMPTN yang tidak pintar. Hanya, kami harus mengatur sesuai kriteria yang ada," jelasnya.

Kepada calon peserta tetap percaya diri dan berpikir positif. Karena ada beberapa prosedur yang berbeda dibanding tahun sebelumnya.

Berkaitan dengan proses UTBK yang bersamaan dengan SBMPTN 2020, maka setelah UTBK nilainya tidak diumumkan terlebih dahulu. Namun, nilai akan dipakai untuk proses SBMPTN.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena saat ini dalam masa pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News