JPNN.com

Informasi Penting untuk Peminat Kursi PNS dan PPPK

Sabtu, 01 Agustus 2020 – 19:27 WIB
Informasi Penting untuk Peminat Kursi PNS dan PPPK - JPNN.com
ASN terdiri dari PNS dan PPPK. Ilustrasi Foto: dok,JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Inilah informasi penting bagi yang ingin jadi aparatur sipil negara (ASN) baik PNS maupun PPPK (Pegawal Pemerintah dengan Perjanjian Kerja).

Pemerintah membutuhkan 40 ribu lebih ASN untuk mengisi jabatan fungsional perencana.

Menurut Perencana Ahli Muda Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) M. Iksan Maolana, saat ini jabatan perencana di Indonesia berjumlah sekitar 1.050 orang yang berada di instansi pusat dan daerah.

Jumlah tersebut jauh dari kebutuhan perencana di Indonesia, yang berdasarkan kajian diperlukan 42 ribu orang. Maka jalur sertifikasi melalui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) dibuat demi meningkatkan partisipasi para profesional untuk menjadi perencana.

"Jabatan fungsional perencana adalah salah satu jabatan yang tepat dan potensial bagi ASN muda," kata Iksan, Sabtu (1/8).

Asisten Deputi Manajemen Karier dan Talenta SDMA Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Aba Subagja mengatakan, jabatan fungsional perencana sebagai ujung tombak pembangunan juga berperan menentukan arah perkembangan Indonesia.

Posisi tersebut adalah salah satu jabatan yang tepat dan potensial bagi ASN muda.

"Ini saatnya anak muda berkarya, menunjukkan jabatan fungsional menjadi jabatan nomor satu dan menjadi bagian dari sistem karier yang tidak terlepaskan dari tata kelola ASN,” ujar Aba.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
tomo