Informasi Terbaru Soal Posisi Tenggelamnya KMP Yunicee

Informasi Terbaru Soal Posisi Tenggelamnya KMP Yunicee
Peninjauan lokasi tempat ditemukannya bangkai kapal KMP Yunicee dengan menggunakan KRI Rigel-933, Jembrana, Bali, Jumat (2/07/2021).(Antara/Ayu Khania Pranisitha/2021)

jpnn.com, DENPASAR - TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Operasi SAR menyampaikan informasi terbaru terkait posisi tenggelamnya KMP Yunicee di Selat Bali.

Posisi tenggelamnya KMP Yunicee disebut tidak menghalangi aktivitas penyeberangan di pelabuhan Gilimanuk-Ketapang dan tidak mengalami pergeseran dari titik lokasi awal.

"Dalam operasi SAR hari keempat (2/7) ini dengan KRI Rigel-933, TNI AL memastikan kondisi KMP Yunicee yang berada di kedalaman kurang lebih 78 meter tidak bergeser," ujar Komandan KRI Rigel-933 Letkol Laut (P) Jaenal Mutakim, dalam siaran pers yang diterima di Denpasar, Bali, Jumat (2/7).

"Kondisi kapal posisi duduk (tidak terbalik) sama seperti awal dari pencarian awal," ucapnya menambahkan.

Dia menjelaskan operasi langsung diarahkan menuju titik lokasi penemuan KMP Yunicee untuk dilakukan pengambilan data Backscatter dan Bathymetry Multibeam Echo Sounder.

Pengambilan data dibutuhkan untuk menampilkan hasil 3D keadaan subjek yang dicari, yaitu KMP Yunicee.

Selama operasi SAR terdapat kendala yang dihadapi salah satunya arus laut yang begitu kuat dengan kondisi arus laut mengarah dari utara ke selatan.

"Pada saat KRI Rigel-933 berjalan ke arah selatan dengan baringan yang kencang dapat menghasilkan kecepatan 11 hingga 12 knots, sebaliknya jika berjalan dari selatan ke arah utara ditempuh dengan kecepatan 0.6 hingga 2.0 knots," ucapnya.

TNI Angkatan Laut menyampaikan informasi terbaru terkait posisi tenggelamnya KMP Yunicee.

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News