Ingat, Ahok Juga Ikut Membahas Perencanaan e-KTP

Ingat, Ahok Juga Ikut Membahas Perencanaan e-KTP
Agun Gunandjar. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar Sudarsa menyatakan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pernah ikut rapat pembahasan proyek kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Keikutsertaan Ahok itu karena posisinya sebagai anggota Komisi II DPR dari Fraksi Partai Golkar.

"Sebagai anggota Komisi II ada (Ahok ikut rapat, red),” kata Agun usai menjalani pemeriksaan sebagai saksi dugaan korupsi e-KTP di kantor KPK, Kamis (8/12).

Ahok memang pernah duduk di Komisi II DPR periode 2009-2014. Namun, mantan bupati Belitung Timur itu mengundurkan diri pada 2012 karena mengikuti pemilihan kepala daerah DKI Jakarta.

Agun menambahkan, dirinya saat menjalani pemeriksaan di KPK sempat disodori dokumen tentang nama-nama yang ikut pembahasan e-KTP di DPR. Dalam dokumen itu ada nama Ahok dan sejumlah legislator lainnya.

"Ditanya soal rapat-rapat saja. Kan ada dokumen-dokumen itu. Dalam dokumen rapat, semua lengkap, semua ada," ujar politikus Golkar itu.

Hanya saja Agun mengaku tidak tahu apakah penyidik KPK akan memanggil Ahok atau tidak. "Kalau itu saya tidak tahu. Terserah penyidik kalau itu," ujarnya.

Agun menegaskan, seluruh proses pembahasan anggaran e-KTP berjalan normal dan biasa saja. Menurut dia, pembahasan diawali dengan gagasan pemerintah yang kemudian dimatangkan di Badan Anggaran (Banggar) DPR.

Dari Banggar, dokumen dikembalikan ke Komisi II lagi. Selanjutnya, hasil pembahasan di Komisi II diserahkan ke Banggar untuk dicantumkan dalam RAPBN.

JAKARTA - Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR Agun Gunanjar Sudarsa menyatakan, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok pernah ikut rapat pembahasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News