Ingat Anak Muda, Anda Berpotensi Besar Menulari Covid-19 ke Manula

Ingat Anak Muda, Anda Berpotensi Besar Menulari Covid-19 ke Manula
Sejumlah lansia atau manula (ilustrasi). Foto: Dinsos DKI

jpnn.com, JAKARTA - Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) mengingatkan bahwa anak muda memiliki potensi besar sebagai pembawa (carrier) mikroorganisme SARS-CoV-2 yang menyebabkan covid-19, dan menularkannya kepada orang tua atau manusia usia lanjut (manula).

Hal ini menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Agus Wibowo bisa terjadi ketika anak muda yang sudah terinfeksi, namun masih tampak sehat.

Kondisi tersebut secara langsung maupun tidak langsung membawa virus tersebut ke lingkungan yang terdapat manula.

"Kasus tersebut kemudian menjadi persoalan serius sehingga golongan muda harus memperhatikan betul jangan sampai menjadi sumber penyebaran virus di lingkungan keluarga dan sekitarnya," kata Agus Wibowo dalam keterangannya, Selasa (24/3).

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto mengatakan, anak muda ini bukan tidak bisa kena. Mereka bisa terinfeksi namun tanpa gejala.

Hal itu yang kemudian menjadi faktor penyebaran Covid-19 secara cepat.

“Anak muda yang tampak sehat dalam beberapa kasus justru bisa menjadi pembawa mikroorganisme SARS-CoV-2 kepada golongan manula. Ketika kita terkena dan tidak isolasi diri, ini problem mendasar sehingga sebarannya cepat," kata Yuri.

Oleh karena itu, Yuri mengajak siapa pun termasuk yang merasa dirinya sehat agar benar-benar mematuhi imbauan pemerintah untuk lebih banyak tinggal di rumah dengan isolasi mandiri.

Penularan virus kepada manula bisa terjadi ketika anak muda yang sudah terinfeksi, namun masih tampak sehat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News