Ingat Cristo “Rio de Janeiro” Redentor, Ingat Ir Ciputra

Ingat Cristo “Rio de Janeiro” Redentor, Ingat Ir Ciputra
Ingat Cristo “Rio de Janeiro” Redentor, Ingat Ir Ciputra
Icon kota Rio de Janeiro yang paling menjulang itu bernama Cristo Redentor –Bahasa Portugis—yang maksudnya Patung Kristus Penebus yang berdiri megah menembus langit di salah satu puncak Gunung Corcovando. Kalau sempat menapakkan kaki di Rio, hukumnya “wajib”  narsis berfoto-foto di ketinggian 710 meter Taman Nasional Hutan Tijuca itu.

Betul-betul Anda seperti naga, yang sedang bersandar di punggung gunung, menatap ke bibir samudera Atlantik. Mirip planologi Tiongkok kuno yang melegenda dan sampai kini tuahnya dipercaya, bahwa posisi bangunan yang memberi rezeki adalah menghadap ke laut, membelakangi gunung. Meskipun, arsitektur rumah-rumah modern saat ini, antara depan dan belakang itu tak ada beda. Yang ada hanya persepsi dan sudut pandang sang pemilik.

Patung Cristo Redentor dengan meregangkan kedua tangan itu sendiri bergaya arsitektur Art Deco, dengan tinggi 38 meter dan sudah digagas pada pertengahan 1850-an oleh imam Katholik Pedro Maria Boss. Kala itu, Sang Imam meminta dana ke Putri Isabel untuk menancapkan monumen keagamaan terbesar di dunia, karena penduduk koloni Portugis itu lebih dari 90 persen pemeluk Katholik. Namun, usulan itu tidak direspons dan nyaris terlupakan hinggal 1889, saat Brazil menjadi republic dan melahirkan sebuah undang-undang yang mewajibkan pemisahan gereja dari negara.

Usulan kedua muncul dari Keuskupan Agung Rio tahun 1921, dan dilanjutkan dengan mengorganisir sebuah acara yang dikenang dengan sebutan Semana do Monumento. “Minggu Monumen” untuk menarik pada investor yang kebanyakan dari Katholik Brazil. Sejak itulah, patung yang menjadi simbol kebanggaan Kota Rio de Janeiro, dan sekaligus lambang kehangatan penduduk Brazil itu mulai didirikan. Setiap Desember menjelang Natal, seperti saat ini, patung yang menjadi salah satu nominator keajaiban dunia itu menjadi lokasi favourit publik.

Icon kota Rio de Janeiro yang paling menjulang itu bernama Cristo Redentor –Bahasa Portugis—yang maksudnya Patung Kristus Penebus yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News