JPNN.com

Ingat, Kritik ke Pemerintah Boleh Saja tapi Beri Solusi

Jumat, 03 Agustus 2018 – 04:43 WIB Ingat, Kritik ke Pemerintah Boleh Saja tapi Beri Solusi - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat Politik Maksimus Ramses Lalongkoe mengatakan kritik kepada pemerintah boleh saja sebagai bagian dari kebebasan demokrasi. Namun, alangkah lebih baik jika pengkritik juga memberi solusi.

Ramses menyampaikan hal itu dalam siaran persnya, Kamis (2/8) sebagai respons atas pernyataan Rocky Gerung yang akhir-akhir ini kerap menuai kontroversi di tengah masyarakat.

Menurut Ramses, selain melontarkan kritik kepada pemerintah, Rocky Gerung juga sebaiknya memberikan solusi terhadap persoalan bangsa.

“Saya kira semua orang punya hak berbicara dan memberikan kritik terhadap pemerintah namun alangkah lebih baiknya Rocky juga turut serta memberikan solusi terhadap persoalan bangsa sehingga kritikan itu menjadi bernilai," kata pria yang biasa disapa Ramses ini.

Menurut Direktur Eksekutif Lembaga Analisis Politik Indonesia (L-API) ini, kritik terhadap pemerintahan merupakan hal positif dan merupakan vitamin. Tapi bila kritikan itu tidak disertai dengan gagasan solusi tentunya sangat tidak bermanfaat bagi bangsa dan negara.

Persoalan yang dihadapi bangsa ini, lanjut Dosen Universitas Mercu Buana Jakarta ini tidak dapat diselesaikan oleh pemerintah sendiri tanpa bantuan dan sumbangan pemikiran dan gagasan konstruktif dari berbagai pihak.

“Kritik itu kan baik juga, kritik sama seperti vitamin tapi harus juga disertai dengan pemikiran dan gagasan solusi yang konstruktif kan di situ letak perbedaan kelompok intelektual dan bukan," ujar Ramses.(jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...