Ingat, Menteri Asman Setop Rekrutmen CPNS Tenaga Administrasi dan Umum

Ingat, Menteri Asman Setop Rekrutmen CPNS Tenaga Administrasi dan Umum
Asman Abnur. Foto: Humas Kemenpan

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur memastikan tidak akan membuka rekrutmen CPNS dari jalur umum, terutama untuk formasi tenaga fungsional umum dan administrasi.

Sebab, pemerintah hanya akan membuka lowongan untuk formasi khusus. Itu pun jumlahnya dibatasi hanya separuh persen dari jumlah PNS yang pensiun.

“Saat ini jumlah PNS yang pensiun mencapai 100 ribu pegawai per tahunnya. Untuk itu, kami terapkan sistem minus growth (pertumbuhan negatif, red). Dengan sistem ini kami hanya menerima tidak lebih dari 50 ribu pegawai dengan formasi khusus," ujar Menteri Asman, Rabu (2/8).

Pemerintah, lanjutnya, hanya membuka formasi khusus yang sangat diperlukan. Antara lain petugas imigrasi untuk daerah perbatasan, penjaga lapas dan hakim yang jumlahnya memang jauh dari cukup.

“Ke depan, pemerintah juga hanya akan membuka formasi khusus yang sangat diperlukan seperti peneliti LIPI, perekayasa teknologi untuk BPPT, serta dosen untuk berbagai universitas negeri yang masih kekurangan tenaga pendidikan,” imbuhnya.

Dia menambahkan, moratorlum perekrutan CPNS masih berlaku baik pusat maupun daerah. Pengecualian hanya untuk Provinsi Kalimantan Utara dan Provinsi Papua Barat karena pemda di kedua provinsi tersebut masih baru sehingga memerlukan ASN untuk memenuhi organisasi kerjanya.(esy/jpnn)


Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur memastikan tidak akan membuka rekrutmen CPNS dari jalur umum,


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News