Inggris Cekal si Penghina Islam dari Belanda

Inggris Cekal si Penghina Islam dari Belanda
Inggris Cekal si Penghina Islam dari Belanda
LONDON - Umat muslim di Inggris bisa bernapas lega. Geert Wilders, politikus Belanda yang anti-Islam, kemarin (11/2) dicekal masuk negeri monarki konstitusional. Alasannya, pemimpin Partai Kebebasan Belanda itu dianggap bermaksud menyebarkan kebencian.

''Pemerintah (Inggris) menentang segala bentuk ekstremisme. Kami akan mencekal siapa pun yang bermaksud menyebarkan ekstremisme, kebencian, dan pesan-pesan kekerasan ke negeri ini,'' ujar pernyataan resmi Kementerian Dalam Negeri Inggris seperti dikutip The Independent.

Wilders bermaksud datang ke Inggris hari ini (12/2) untuk memenuhi undangan di sebuah acara yang diselenggarakan di Westminster, London. Acara tersebut diprakarsai anggota parlemen Inggris dari Partai Independen Lord Pearson of Rannoch. Di acara itu, Wilders diminta menayangkan film dokumenter kontroversial yang disutradarainya, Fitna.

Wilders yang hidup di bawah pengawalan ketat sejak menerima ancaman pembunuhan menyusul dirilisnya Fitna dan beberapa komentar provokatifnya akhir tahun lalu menuding pemerintah Inggris pengecut. ''Hal seperti ini wajar jika dilakukan Arab Saudi, tapi tidak dengan Inggris Raya,'' kata Wilders di sebuah sesi sidang parlemen Belanda kemarin. Namun, Wilders bermaksud tetap berusaha datang ke Inggris hari ini.

LONDON - Umat muslim di Inggris bisa bernapas lega. Geert Wilders, politikus Belanda yang anti-Islam, kemarin (11/2) dicekal masuk negeri monarki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News