Inggris Tarik Diplomat dari Iran

Inggris Tarik Diplomat dari Iran
Inggris Tarik Diplomat dari Iran
TEHERAN - Sanksi nuklir Iran menjadi bumerang bagi Inggris. Selasa (29/11), ratusan demonstran menyerang dua kompleks diplomatik Inggris, salah satunya kantor kedutaan, di Kota Teheran. Kemarin (30/11), London langsung menarik sejumlah diplomat dari Negeri Para Mullah itu. Norwegia pun lantas menutup kedutaannya.

Terkait serangan di kompleks kedutaan Inggris Selasa lalu, pemerintahan Perdana Menteri (PM) David Cameron memperingatkan Iran bahwa mereka akan menerima konsekuensi serius. "Hari ini (kemarin), kami memutuskan untuk menarik staf diplomatik Inggris dari Iran demi keselamatan mereka," terang Kementerian Luar Negeri Inggris seperti disampaikan jubirnya kemarin.

Berbeda dengan Norwegia yang langsung menutup kedutaan di ibu kota Iran, Inggris belum menentukan nasib gedung kedutaan yang menjadi korban penyerangan. "Kami akan menyampaikan pengumuman tentang (operasional) kedutaan dan tingkatan staf yang berada di sana, pada waktu yang lebih tepat lagi nanti," lanjut sang jubir dalam jumpa pers di Kota London.

Menurut seorang diplomat Eropa yang berada di Teheran, Inggris mengevakuasi seluruh staf dan diplomatnya dari kantor kedutaan. Dia mengatakan, sekelompok staf dan diplomat langsung dibawa ke Bandara Internasional Imam Khomeini di Teheran. Mereka bakal terbang ke Kota Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Selasa malam lalu, mereka menginap di beberapa kedutaan milik negara-negara Uni Eropa (UE). 

TEHERAN - Sanksi nuklir Iran menjadi bumerang bagi Inggris. Selasa (29/11), ratusan demonstran menyerang dua kompleks diplomatik Inggris, salah satunya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News