Ingin Cepat Punya Anak? Konsumsi Ikan Bisa Jadi Solusinya

Ingin Cepat Punya Anak? Konsumsi Ikan Bisa Jadi Solusinya
Ilustrasi wanita yang sedang memakan ikan. Foto:

jpnn.com - Ingin bisa segera memiliki bayi? Makan ikan mungkin bisa membantu.

Peneliti mewawancarai 501 pasangan yang mencoba hamil tanpa bantuan medis.

Semua menyimpan buku harian tentang diet mereka dan mencatat kebiasaan kesehatan dan perilaku lainnya, termasuk konsumsi ikan dan frekuensi hubungan intim.

Peneliti mengikuti pasangan selama satu tahun atau sampai sang wanita hamil.

Mereka menemukan wanita mengonsumsi ikan 2 hingga 4 ons ikan per minggu memiliki waktu 60 persen lebih mungkin untuk hamil, dibandingkan mereka yang makan satu atau lebih sedikit dalam seminggu.

Pasangan yang makan ikan juga melakukan hubungan suami rata-rata 22 persen lebih sering, tetapi hubungan makan ikan dengan kehamilan bertahan bahkan setelah mengendalikan frekuensi berhubungan intim.

Pada 12 bulan, 92 persen pasangan yang makan ikan dua kali seminggu atau lebih telah hamil, dibandingkan dengan 79 persen di antara mereka yang makan lebih sedikit.

Studi ini yang dipublikasikan dalam Journal of Endocrinology & Metabolism Klinis, juga meneliti usia, tingkat pendidikan, merokok, konsumsi alkohol, aktivitas fisik dan faktor lainnya. Mekanismenya masih belum jelas.

Wanita yang mengonsumsi ikan 2 hingga 4 ons ikan per minggu memiliki waktu 60 persen lebih mungkin untuk hamil, dibandingkan mereka yang makan sedikit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News