Ingin Hidup Sehat Hingga Usia 100 Tahun? Hasil Penelitiannya Mengejutkan

Ingin Hidup Sehat Hingga Usia 100 Tahun? Hasil Penelitiannya Mengejutkan
Ilustrasi - Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin Covid-19 kepada seorang lansia di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, Selasa (9/3). Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Sebuah penelitian yang dilakukan di Jepang mengungkap fakta orang dapat hidup sehat hingga usia 100 tahun lebih.

Hasil penelitian itu menyebut bahwa orang yang hidup sampai usia 100 tahun atau lebih, rata-rata memiliki bakteri usus dengan ciri khas tersendiri yang rupanya dapat membantu menangkal infeksi.

Bakteri ini menghasilkan senyawa spesifik yang dikenal sebagai asam empedu sekunder.

Senyawa ini dapat berkontribusi pada usus yang sehat, sehingga proses penuaan terjadi secara sehat.

Kendati demikian para peneliti mengatakan masih banyak penelitian yang harus dilakukan untuk mengetahui apakah bakteri tersebut mampu meningkatkan rentang hidup dengan sangat panjang.

Penelitian yang dipublikasi dalam jurnal Nature pada pekan lalu ini hanya menunjukkan hubungan antara bakteri usus dengan usia hidup yang melewati 100 tahun.

Meski demikian, penulis penelitian Dr. Kenya Honda menyebut para peneliti belum bisa membuktikan bakteri tersebut yang menyebabkan orang dapat hidup dengan lebih lama dan sehat.

Honda yang merupakan seorang profesor di Departemen Mikrobiologi dan Imunologi di Keio University School of Medicine di Tokyo.

Anda ingin hidup sehat hingga usia 100 tahun? Hasil penelitian yang dilakukan di Jepang ini cukup mengejutkan.

Sumber ANTARA