Ingin Lebih Bahagia? Cobalah Olahraga Tiga Kali Seminggu

Ingin Lebih Bahagia? Cobalah Olahraga Tiga Kali Seminggu
Dahlan Iskan di sebuah gym di Los Angeles, Amerika Serikat. Foto: disway

jpnn.com - Olahraga dalam jumlah sedang bisa membantu Anda mempertahankan massa otot, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular, meningkatkan tingkat energi Anda, meningkatkan fungsi otak dan kemampuan memori, meningkatkan dorongan seksual Anda, membantu Anda tidur, serta memperpanjang hidup Anda secara keseluruhan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur bahkan menghasilkan lebih banyak uang daripada mereka yang tidak. Tetapi siapa pun yang pernah melakukan sesi kardio 30 menit tahu bahwa olahraga juga bisa secara signifikan meningkatkan suasana hati Anda.

"Hanya berolahraga tiga kali seminggu, selama 30 menit sehari bisa memberi Anda banyak kebahagiaan," kata seorang profesor Yale yang mengajar "Happiness Course" yang populer di universitas, Laurie Santos, seperti dilansir laman MSN, Rabu (17/10).

Kini, sebuah penelitian baru yang diterbitkan dalam jurnal The Lancet Psychiatry telah mengidentifikasi berapa banyak hari-hari bahagia yang bisa Anda harapkan dari olahraga gym.

Peneliti menganalisis tanggapan dari 1,2 juta orang dewasa di Amerika Serikat yang diambil dari Pusat AS untuk Pengendalian dan Pencegahan Penyakit dan menemukan bahwa mereka yang berolahraga hanya melaporkan 1,5 hari dari 'kesehatan mental yang buruk' selama sebulan terakhir, 43 persen lebih sedikit dari orang yang tidak berolahraga.

Seperti biasa, moderasi adalah kunci. Menurut penelitian, jumlah latihan rutin yang ideal terdiri dari sesi 45 menit tiga hingga lima kali seminggu.

Melakukan lebih dari 90 menit dalam satu sesi tidak dikaitkan dengan imbalan yang lebih besar dan melewati 3 jam sebenarnya menghasilkan kesehatan mental yang lebih buruk daripada mereka yang tidak berolahraga sama sekali.

Selain itu, ketika datang ke tingkat kebahagiaan Anda, tidak semua latihan diciptakan sama. Studi ini menemukan bahwa dorongan terbesar untuk kesehatan mental adalah olahraga tim, diikuti dengan bersepeda, dengan pusat kebugaran datang di tempat ketiga.

eberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang berolahraga secara teratur bahkan menghasilkan lebih banyak uang daripada mereka yang tidak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News