Ingin Menjadi Orang Produktif di Era Digital? Kuasai 4C Ini

Ingin Menjadi Orang Produktif di Era Digital? Kuasai 4C Ini
Di era digital ini, untuk menjadi orang yang produktif, seseorang harus menguasai 4C. Foto: dok. Kemenkominfo 

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kemenkominfo) menggandeng Jawara Internet Sehat ICT Watch Indonesia untuk menggelar seminar nasional sektor pendidikan. 

Tujuannya ialah mengenalkan dan menguatkan nilai kompetensi digital pemuda Indonesia.

Koordinator Tim Literasi Digital Sektor Pendidikan Bambang Tri Santoso mengatakan Kemenkominfo berupaya menyatukan Indonesia dengan memperluas akses internet dan pemanfaatan teknologi informasi.

Dengan begitu, masyarakat Indonesia mendapatkan hak yang sama. Upaya-upaya tersebut dikemas melalui program literasi digital yang menjadi prioritas utama Kemenkominfo dalam menciptakan masyarakat yang #MakinCakapDigital. 

"Kami berharap para pemuda mempunyai semangat luar biasa untuk mendorong kemajuan Indonesia melalui kemampuan kecakapan digitalnya," kata Bambang dalam keterangannya, Sabtu (5/11).

Agus Indira, Pandu Digital Madya Indonesia, menyampaikan segala aktivitas dan interaksi yang dilakukan seseorang di ruang digital bisa menjadi sebuah bukti yang berpotensi untuk dicari, dicuri, dipublikasi, dan diikuti orang lain. 

Dia juga memberikan beberapa tips dalam menjaga dan memahami rekam jejak digital, yaitu selalu unggah hal positif, cermat dan jeli menganalisis di aktivitas internet.

Selalu berpikir kembali sebelum mengunggah postingan dan melakukan verifikasi dalam menerima dan menyebarkan informasi. 

Di era digital ini, untuk menjadi orang yang produktif, seseorang harus menguasai 4C

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News