Seleksi Calon Taruna Akademi TNI Mirip Tes CPNS

Seleksi Calon Taruna Akademi TNI Mirip Tes CPNS
Seleksi calon taruna Akademi TNI pada 2024 menggunakan CAT BKN. Ilustrasi Foto: Dispenal

jpnn.com - JAKARTA – Proses penyaringan awal pada seleksi calon taruna Akademi TNI pada 2024 disesuaikan dengan standardisasi tes CPNS, yakni menggunakan Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN).

Dengan demikian, CAT BKN untuk pertama kalinya dipercaya menyelenggarakan Tes Kompetensi Dasar (TKD) Penerimaan Calon Taruna Akademi TNI Tahun Anggaran 2024.

Saat membuka TKD pada 2 Mei 2024) di Kantor Pusat BKN, Waspers Panglima TNI Brigjen TNI Agus Hadi Waluyo menjelaskan tujuan penggunaan CAT BKN pada TKD Calon Taruna Akademi TNI.

Dikatakan bahwa dengan menggunakan sistem CAT, pelaksanaan seleksi calon taruna bisa dilaksanakan seobjektif mungkin untuk mendapatkan talent yang berkualitas yang dapat dididik menjadi taruna yang yang berintelegensi tinggi.

Brigjen Agus berharap dengan menggunakan CAT BKN, calon taruna dapat memaksimalkan kapasitas dan kapabilitas diri dalam mengikuti tes kompetensi dasar.

“Seleksi Akademi TNI ditujukan sebagai penyaringan awal calon taruna yang disesuaikan dengan standardisasi Pegawai Negeri Sipil (PNS),” ujarnya.

Brigjen Agus mengatakan bahwa pelaksanaan TKD Akademi TNI Tahun 2024 dilaksanakan pada 2 - 3 Mei 2024 di 26 titik lokasi, yang terdiri dari 24 titik lokasi BKN (BKN Pusat, 13 Kantor Regional BKN dan 10 UPT BKN) serta 2 titik lokasi mandiri di Biak dan Merauke.

“BKN hanya memfasilitasi sistem CAT pada saat pelaksanaan seleksi, penentuan passing grade untuk standar kelulusan dilakukan oleh Mabes TNI,” kata Brigjen Agus, dikutip dari keterangan Humas BKN.

Untuk pertama kalinya, seleksi Calon Taruna Akademi TNI mirip tes CPNS, begini penjelasan BKN.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News